Our Community

Our Community
Forum Lingkar Pena Depok

Our Event

Our Event
Depok Dalam Puisi

Our Training Program

Our Training Program
BATRE

Our Family

Our Family
Want to be one of us?

Mau Daftar? Klik Gambar Ini!

FAQ FLP Depok

Kamis, 11 Februari 2010

TANYA: Forum Lingkar Pena (FLP) Depok itu apa sih? JAWAB: FLP Depok adalah salah satu cabang dari organisasi pengaderan penulis terbesar di dunia yang berlokasi di Depok. Meski secara administrasi Depok berada dalam wilayah Jawa Barat, tetapi secara georafis, Depok lebih dekat dengan Jakarta. Oleh sebab itu, FLP Depok bernaung di bawah FLP Wilajah Jakarta Raya. Sekretariat kami berada di Jl. Keadilan Raya Blok XVI No.13 Depok Timur 16417. TANYA: Siapa aja sih yang boleh gabung di FLP Depok? JAWAB: Siapa saja yang berusia 13 ke atas dan memiliki minat yang besar dalam dunia kepenulisan. TANYA: Gimana sih cara bergabung dengan FLP Depok? JAWAB: FLP Depok membuka pendaftaran anggota baru setiap 6 (enam) bulan sekali. Biasanya, kami selalu mempublikasikan pengumuman di blog http://flpdepok.blogspot.com. Dan jika kamu ingin bergabung, bisa langsung mengisi formulir pendaftaran yang ada di blog kami. Setelah itu, kamu akan dihubungi oleh admin kami untuk mengikuti proses (wawancara). TANYA: Ada wawancaranya segala? Kayak mau melamar kerja aja. Berarti ada yang lulus dan ada yang tidak ya? JAWAB: Wawancara ini bukan bertujuan untuk menerima atau tidak calon anggota, melainkan untuk melakukan pengelompokan keanggotaan. Jadi, pada prinsipnya semua akan diterima. TANYA: Dikelompokan berdasarkan apa? JAWAB: Dikelompokan berdasarkan minat peserta. Di FLP Depok ada 2 (dua) jenis keanggotaan, Anggota KADER dan anggota SIMPATISAN. Anggota KADER adalah mereka yang bergabung dengan FLP Depok tidak sekadar untuk belajar menulis, tetapi juga belajar berorganisasi. Sedangkan Anggota SIMPATISAN adalah mereka yang bergabung dengan FLP Depok sekadar untuk belajar menulis saja. TANYA: Apa perbedaan KADER dengan SIMPATISAN? JAWAB: Perbedaannya dalam hak dan kewajiban. Anggota KADER akan mendapatkan pembinaan yang berkelanjutan sesuai alur kaderisasi yang kelak akan menjadi motor penggerak organisasi. Anggota KADER memiliki kewajiban mengelola kegiatan-kegiatan umum selain membayar iuran bulanan. Sedangkan anggota SIMPATISAN hanya memiliki hak untuk mengikuti workshop kepenulisan selama 6 (enam) bulan, selain juga dapat hadir di pertemuan-pertemuan umum yang diadakan oleh FLP Depok. Anggota SIMPATISAN memiliki kewajiban membayar biaya pelatihan selama 6 bulan. Namun, jika setelah proses pelatihan selesai, anggota SIMPATISAN berminat untuk menjadi KADER, ia dapat mengikuti proses pembinaan yang meliputi materi keislaman, keorganisasian, dan kepenulisan. TANYA: Hmm… apakah ada jenis keanggotaan lainnya? JAWAB: Ada. Namanya Anggota Kehormatan. Anggota Kehormatan adalah ‘penulis jadi’ atau tokoh yang memiliki perhatian kepada FLP dan mau membagi ilmunya untuk FLP. Mereka tidak melalui alur kaderisasi yang resmi, tetapi sengaja dipinang oleh FLP. TANYA: Oh, ada alur kaderisasinya ya? Gimana sih alurnya itu? JAWAB: Tahapan pertama dalam kaderisasi di FLP Depok terbagi menjadi 3 (tiga): 1. BATRE (Basic Writing Training for Beginner). Mereka yang mengikuti tahapan ini disebut anggota PRAMUDA. Sebagai anggota PRAMUDA, kamu memiliki hak untuk mendapat materi keislaman, keorganisasian, dan kepenulisan. Materi itu akan diberikan dalam workshop yang dilangsungkan setiap 1 (satu) bulan sekali selama 6 (enam) bulan. Jadi ada 6 kali workshop tiap bulannya yang diadakan dari pukul 9.00—15.00 WIB. Selain hak, kamu memiliki kewajiban mengelola kegiatan-kegiatan yang bersifat umum seperti KAJIAN PENA, BAKARSATE (Bahas Karya Sambil Telaah), BEDAH BUKU, dll. Peserta juga diwajibkan ikut mengelola buletin dan jurnal milik FLP Depok. Jika prosentase kehadiranmu dalam kegiatan BATRE ini mencapai batas minimum yang telah ditentukan pengurus, maka kamu berhak naik tingkat menjadi anggota MUDA, yang pengukuhannya akan dilakukan dalam WRAITING CAMP. Dan kamu berhak ikut tahap selanjutnya. Jika tidak, kamu wajib mengulang sesuai jumlah yang ditinggalkan sampai kamu mencapai batas minimum. 2. INTRE (Intermediat Writing Training). Mereka yang mengikuti tahap ini disebut anggota MUDA. Sebagai anggota MUDA kamu memiliki hak untuk mendapatkan materi kepenulisan secara mendalam dalam Fokus Grup Diskusi (FGD). Pada tahap ini, peserta akan diminta memilih Ruang Diskusi, yaitu Ruang FIKSI dan Ruang NONFIKSI. Setiap ruang diskusi diasuh oleh seorang WALI RUANG yang akan mengatur jadwal materi dan pertemuan. Selain itu, semua peserta wajib mengikuti Ruang EDITING. Setelah 6 bulan, mereka diminta untuk membuat Tugas Akhir berupa tulisan fiksi dari berbagai jenis bagi peserta Ruang FIKSI dan tulisan nonfiksi berbagai jenis bagi peserta Ruang NONFIKSI. Tulisan itu kemudian akan dikumpulkan menjadi sebuah buku yang akan ditawarkan ke penerbit dan/atau diterbitkan dalam bentuk ebook. Selain hak, anggota MUDA memiliki kewajiban mengelola workshop bagi anggota SIMPATISAN dan workshop BATRE, aktif mengelola buletin dan jurnal yang diterbitkan oleh FLP baik cetak maupun online. Parameter penilaian pada tahap ini, yaitu mengerjakan TA dan keaktifan dalam mengelola buletin dan jurnal FLP Depok. Mereka yang memenuhi criteria penilaian, akan dilantik menjadi anggota MADYA dalam WRITING CAMP yang diadakan bersamaan waktunya dengan WRITING CAMP untuk peserta BATRE. 3. ATNRE (Advance Writing Training). Mereka yang ikut tahap ini adalah anggota MADYA. Pada tahap ini tak ada lagi pemisahan ruang. Peserta semua disatukan dalam lokakarya yang membahas karya-karya peserta. Dalam lokakarya itu akan diundang narasumber yang berkompeten untuk memberikan penilaian terhadap karya peserta. Acara tersebut sekaligus menjadi ajang lomba internal. Karya-karya yang telah melalui proses ini akan dikirimkan ke lomba-lomba yang penulisan. Peserta yang berhasil masuk nominasi atau bahkan juara otomatis status keanggotaannya naik menjadi anggota ANDAL. Peserta pada tahap ini memiliki kewajiban untuk mengelola bisnis-bisnis seperti sekolah menulis, agen literasi, toko buku online, dll milik FLP Depok. Tentu saja ada kompensasi honor bagi mereka. Juga wajib memberikan pelatihan/menjadi pemateri bagi anggota MUDA. TANYA: Wah... seru juga ya gabung di FLP Depok. Terus kalo saya mo gabung sekarang bisa nggak? JAWAB: Kami membuka pendaftaran setiap bulan Februari dan September. Yeah kadang mundur-mundur dikit. TANYA: Wah, kalo saya mo gabungnya sebelum atau setelah tanggal itu bisa nggak? JAWAB: Bergabung secara resmi tentu belum bisa, tapi kamu bisa hadir di acara-acara rutin kami yang diperuntukan bagi umum seperti Kajian Pena, Bedah Buku, dll.
TANYA: Gimana cara menghubungi FFLP Depok? JAWAB: Kamu bisa menghubungi kami di alamat sekretariat kami, atau kirim email ke flpdepok@gmail.com

1 komentar:

Fatma mengatakan...

JADI MINDER................ AKU BISA LULUS TAHAPAN-TAHAPAN DI FLP NGGGA YA??

4 Maret 2010 23.00

Posting Komentar

Video Pelatihan